WhatsApp: +62 851-5889-0099

Cara Menggunakan OpenVPN di Linux (Ubuntu-based)

Penggunaan OpenVPN di sistem operasi linux tidak membutuhkan aplikasi tambahan. Tutorial ini untuk pengguna linux yang berbasis Ubuntu.

Sistem operasi Linux Ubuntu-based umumnya adalah Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, Linux Mint, ElementaryOS, Pop!_ OS, dan lain-lain.

Perlu diketahui setiap layanan OpenVPN.ID disarankan menggunakan tutorial yang kami sediakan, diluar tutorial yang sediakan kami tidak dapat menjamin dapat digunakan dengan lancar.

Sebelum melakukan tutorial ini, silakan kirim ticket disini untuk meminta file konfigurasi OpenVPN yang akan kamu gunakan. File konfigurasi OpenVPN yang diberikan berlaku selama kamu berlangganan. Jika ada pergantian server atau IP address, file konfigurasinya juga berubah.

Berikut adalah cara menggunakan OpenVPN menggunakan sistem operasi Linux (Ubuntu-based):

1. Ketik “Network” pada kolom pencarian, umumnya ada dibagian start menu. Silakan disesuaikan saja letak menunya.


2. Klik tanda + lalu pilih Import from file… dan masukkan file yang sudah kami berikan, file konfigurasi seharusnya bernama “client.ovpn”

Ubuntu

Linux Mint

Elementary OS


3. Setelah import file konfigurasi OpenVPN, Silakan isi Username dan Password VPN sesuai yang dikirimkan ke email, lalu klik “Add”


4. Setelah semua sudah sesuai, geser toggle untuk melakukan koneksi ke server VPN


5. Setelah berhasil terkoneksi VPN, kamu bisa memastikan apakah VPN sudah berhasil terkoneksi dengan mengunjungi website pengecek IP address. Sebagai contoh silakan akses https://whatismyipaddress.com/