WhatsApp: +62 851-5889-0099

Cara Menggunakan OpenVPN di Windows

OpenVPN.ID menggunakan aplikasi OpenVPN Connect untuk mengkoneksikan client ke VPN server. OpenVPN Connect adalah aplikasi resmi dari OpenVPN.

Perlu diketahui setiap layanan OpenVPN.ID disarankan menggunakan tutorial yang kami sediakan, diluar tutorial yang sediakan kami tidak dapat menjamin dapat digunakan dengan lancar.

Sebelum melakukan tutorial ini, silakan kirim ticket disini untuk meminta file konfigurasi OpenVPN yang akan kamu gunakan. File konfigurasi OpenVPN yang diberikan berlaku selama kamu berlangganan. Jika ada pergantian server atau IP address, file konfigurasinya juga berubah.

Berikut adalah cara menggunakan OpenVPN menggunakan sistem operasi Windows (Support Windows 7, 10 dan 11):

1. Silakan download dan install aplikasi OpenVPN Connect, aplikasi OpenVPN Connect bisa kamu download disini. Jika kamu sudah pernah menginstall OpenVPN Connect sebelumnya, silakan langsung ke tahap kedua.


2. Buka aplikasi OpenVPN Connect lalu klik tab “File” klik “Browse” untuk melakukan import file konfigurasi OpenVPN yang sudah diberikan

Silakan import file konfigurasi OpenVPN yang sudah diberikan, file yang diberikan oleh kami seharusnya bernama “client.ovpn”


3. Setelah import file konfigurasi OpenVPN, silakan isikan Username dan Password sesuai yang dikirimkan ke email. Pastikan Server Hostname sama dengan IP address yang dikirim ke email. Jika semuanya sudah sesuai, klik Connect.

Tampiilan OpenVPN Connect jika sudah berhasil terkoneksi.


4. Setelah berhasil terkoneksi VPN, kamu bisa memastikan apakah VPN sudah berhasil terkoneksi dengan mengunjungi website pengecek IP address. Sebagai contoh silakan akses https://whatismyipaddress.com/


Pengaturan tambahan yang disarankan

Kami menyarankan untuk mematikan auto update aplikasi OpenVPN Connect.

1. Silakan klik tanda garis tiga dipojok kiri atas aplikasi OpenVPN Connect, lalu klik Settings

2. Silakan scroll kebawah, Software Update ganti ke “Never”.